Hide From The Sun
 
======================
Nama: Taufiq Hega Firmansyah
NPM:11108913
Kelas:3KA16
======================
SOAL:
1. Sebutkan komponen2 yang terdapat dalam Java Development Kit ?
2. Apa yang dimaksud dengan token dan identifier ?
3. Sebutkan kegunaan dari operator, separator, keyword break, dan keyword continue ?
4. Buatlah program yang menampilkan tulisan : "Belajar java memang mudah jika dilakukan dengan tekun"
5. Buatlah contoh program lain yang menggunakan keyword break dan keyword continue ?

JAWAB:

1.Komponen JDK (Java Develomment Kit) :

   1. compiler(javac) :  Untuk kompilasi file source code : *.java menjadi *.class. Syntax umum : javac nama_file.java
   2. interpreter(java) disebut juga java virtual machine atau java runtime environment : Untuk menjalankan bytecode (*.class). Syntax umum :java  nama_file.class
   3. applet viewer(appletviewer) : Untuk menjalanakan applet viewer. Syntax umum : appletviewer nama_file.html
   4. debugger(jdb): Untuk melakukan debugging aplikasi java. Syntax umum : jdb option
   5. java class library(jcl) : Untuk membuat daftar method dan attribute public dari suatu kelas.  Syntax : javap namaKelas
   6. header dan stub generator(javah) : Untuk menerjemahkan bahasa yang ditulis dalam bahasa Java menjadi bahasa pemrograman C.
   7. java documentation(javadoc) : Untuk menampilkan pustaka kelas, interface, constructor, dan method standard yang telah dibuat vendor.
   8. Source Code Java API

2.Token

Dalam Java ada yang dikenal dengan istilah token. Token merupakan elemen terkecil di program yang mempunyai arti bagi kompilator. Kompilator bertugas membaca karakter-karakter di kode sumber dan menerapkan aturan-aturan secara progresif menjadi potongan lebih besar seperti identifier, ekspresi, kalimat, dan kelas. Token Java dibagi 5, yaitu:

   1. Identifier
   2. Keyword
   3. Literal
   4. Operator
   5. Separator

Identifier

Identifier adalah token yang merepresentasikan nama. Dalam Java, identifier adalah nama yang diberikan untuk variable, class, atau method. Identifier boleh dimulai dengan huruf, underscore (_) atau tanda dollar ($). Identifier adalah case sensitive (membedakan huruf besar/ kecil) dan tidak ada batas maksimum.

Contoh :

username

user_name

_sys_var1

$change

3.Operator
Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data. Operan yang
dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim method.

Keyword break
yaitu untuk keluar dari kendali percabangan switch, dan untuk keluar dari kendali perulangan.

Keyword continue
adalah untuk lompat ke perulangan berikutnya. Baris-baris program setelah keyword continue dalam blok perulangan saat itu berarti diabaikan.
Keyword break, yaitu untuk keluar dari kendali percabangan switch, dan untuk keluar dari kendali perulangan.

Separator
adalah menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.

4.
public class Main {

    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Belajar java memang mudah jika dilakukan dengan tekun");
}}

5.CONTOH BREAK
public class ContohBreak {

    public static void main(String args[]) {

        int i = 0;

        do {

           i++;

           System.out.println(i);

           if (i==6) break; //untuk keluar dari kendali percabangan switch/ untuk keluar dari kendali perulangan
        } while (i <= 8);

    }

}

CONTOH CONTINUE
public class contohContinue {

    public static void main(String args[]) {

        int i=0;

        do {

           i++;

           if (i==3) continue; //untuk segera lompat ke perulangan berikutnya. Pernyataan-pernyataan setelah keyword continue dalam blok perulangan   saat itu berarti diabaikan
         
          System.out.println(”iterasi ke : “+i);

           if (i==4) break;

        } while(i <= 8);

    }

}
 

Assalamu'alaikum wr.wb.


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan nikmat-Nya yang tiada terhingga diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, dalam keadaan sehat wal afiat.

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya cintai.
Jika kita melihat kenyataan sekarang ternyata orang-orang sangat dimanjakan oleh jaman. Kemajuan teknologi yang semakin tinggi ini semakin meninabobokan kita sehingga tidur terlelap. Televisi sudah memakai remote, hape memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari radio, mp3, alat perekam, kamera, dsb, mobil dengan fasilitas yang lengkap, motor jumlahnya sangat banyak dan ada dimana-mana. Di jaman sekarang begitu lengkap tersedia apapun yang diinginkan.

Mematikan televisi tidak perlu jalan kaki cukup menekan tombol remot, menghidupkan motor atau mobil tidak perlu langsung mengontakkan kunci, cukup tinggal memencet tombol saja. Ini semua sangat memanjakan pemiliknya. Dibalik semua itu muncul suatu kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan.

Semua jadi serba mudah yang akhirnya sedikit melakukan hal yang sulit atau yang dianggap sulit maka mereka tidak melakukannya. Malas katanya.

Jika hal ini dibiarkan tentu dampaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka. Kita sebagai kaum mudah juga harus mewaspadai penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi bagi masa depan kita jika ia dibiarkan. lambat laun ia akan membinasakan kita dan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa tatkala menghadapi kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan yang saya banggakan
karenanya marilah mulai saat ini kita sing-singkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengkungkung kita sehingga kita menjadi gtenerasi pengecut, menjadi generasi lemah yang tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus menjadi generasi yang bisa dibanggakan dan diandalkan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu untuk lingkungan kita. Masa muda adalah masa penuh semangat, masa muda adalah masa penuh gairah mari kita arahkan untuk bertindak kearah positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lainnya.

Ada beberapa cara yang membuat kita mampu mengalahkan rasa malas, diantaranya:
Pertama, Jangan pikir panjang langsung bertindak sekecil apapun. Paksakan diri kita untuk berdiri, paksa tangan kita untuk menggenggam. Insya allah kemalasan akan mulai menyingkir.

Kedua, Pelihara harapan sukses anda. Harapan adalah kekuatan yang membuat kita sanggup bertahan dalam kondisi berat apapun. Harapan yang senantiasa mengelora dalam dada akan membinasakan racun kemalasan yang mengungkung raga kita.

Ketiga, Keluarlah jangan biasakan menyendiri. Bergabungkal dengan sahabat-sahabat yang lain sehingga dari sana kita bisa jadi terinspirasi oleh omongan-omongan sahabat kita. Yang penting pilih sahabat-sahabat kita yang memiliki karakter baik dan maju bukan sahabat yang justru berkarakter buruk yang justru akan membuat kita terpengaruh keburukannya.

Cukup sekian apa yang saya sampaikan. Semoga lain kali kita bisa berjumpa lagi.
Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan.

Saya ucapkan terima kasih.
Assalamu'alaikum wr.wb.